Semi Bruno Itlay, Raja Baru Kelas 80 Kg Peraih Emas Porprov 2022

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulsel telah berakhir 22–30 Oktober 2022. Ajang empat tahunan yang dpusatkan di Kabupaten Bulukumba-Sinjai itu melahirkan juara baru di cabang olahraga (cabor) tinju kelas 80 kg putra.

Adalah Semi Itlay, akrab disapa Bruno. Petinju milik Sasana Tinju BPR 3/Kostrad Kabupaten Maros itu secara gemilang menembus podium teratas, sekaligus meraih medali emas.

Tambahan emas Bruno ini tentunya melengkapi prestasi kontingen Kabupaten Maros yang menutup Porprov 2022 dengan gemilang di peringkat 9 raihan 16 emas, 31 perak dan 31 perunggu.

“Ini medali emas pertama saya dan sekaligus menjadi motivasi untuk kejuaraan-kejuaraan kedepannya. Dalam waktu dekat ini di Kejurnas Tinju Profesional semoga kembali bisa mendapatkan emas,”harap Bruno.

Prestasi yang dicatatkan Bruno juga langsung ditanggapi Head Coach Alex Tatontos. Menurut peraih medali emas SEA Games XXVI 2011 Palembang itu, Bruno yang merupakan Prajurit Kostrad dikenal sebagai sosok pendiam, bersahaja tetapi “mematikan” Itulah seorang Semi Bruno Itlay.

“Dunia tinju baru dikenal Bruno setelah ia dikunjungi oleh para pelatih di Sasana Tinju BPR 3/KOSTRAD saat Bruno sedang menjalani tahap orientasi di Satuan Yonif Para Raider 432/WSJ/3/3 Kostrad sebagai Bintara Remaja baru, Agustus 2021. Pada kesempatan itu saya dan asisten pelatih Abdul Sada dan Hendi Durand mencoba mencari remaja baru (Prajurit) yang kelahiran tahun 1999-2002 sesuai aturan usia atlet PORPROV SULSEL XVII 2022 dan menemukan seorang Bruno serta memperkenalkan tinju kepadanya dan mengajak Bruno untuk bergabung latihan tinju karena dari pengamatan para pelatih secara fisik dan usia Bruno cocok dilatih tinju. Tanpa basa-basi Bruno tertarik dan menyatakan siap ikut TC,” kata Alex.

Lanjut Alex, atas dukungan komando baik Danbrigif Para Raider 3/TBS maupun Danyonif Para Raider 432/WSJ sehingga Bruno mendapatkan kesempatan untuk bergabung dalam training center (TC) tinju yang kala itu tengah mempersiapkan diri untuk ikut pra PORPROV SULSEL di Kota Parepare, Sulawesi Selatan November 2021 lalu.

“Tidak butuh waktu lama bagi seorang Bruno menyesuaikan teknik-teknik dasar tinju. Terbukti 3 bulan setelah berlatih Bruno mampu berdiri di podium tertinggi sebagai sang juara di kelas 80 KG dengan kemenangan meyakinkan (RSC/TKO dan KO). Bahkan performance seorang Bruno selalu menarik untuk di tonton. Ketika turun dari ring Bruno langsung di kerumuni banyak penonton dan pengemar mulai dari anak-anak, remaja, pemuda singga para Lansia hanya ingin minta foto/selfy bahkan ada yang minta no HP/WA Bruno,” beber Alex.

Usai meraih medali emas di Porprov 2022, kini pemegang rekor 4 kali bertanding 4 kali menang RSC (TKO)/KO itu fokus persiapan pertandingan partai amatir di kelas 75 KG dalam Kejuaraan Nasional Tinju Profesional memperebutkan sabuk emas DANPUSSENARMED, Mayjen TNI Yudhy Chandra Jaya, MA., di Bandung, Jawa Barat, tanggal 5 Desember 2022 serta seleksi Provinsi persiapan kejuaraan Nasional Pra PON 2023. (**)