September, Liga 1 dan Liga 2 kembali Bergulir

JAKARTA, DJOURNALIST.com – PSSI akhirnya mengeluarkan keputusan resmi terkait status kelanjutan kompetisi profesional. Induk organisasi sepak bola terbesar di Indonesia itu memutuskan bahwa kompetisi Shopee Liga 1 dan Liga 2 2020 yang terhenti pada Maret lalu karena pandemi Covid-19, akan dilanjutkan.

“Setelah kompetisi dihentikan kami intens melakukan komunikasi dengan dengan klub Liga 1 dan Liga 2. Mereka sepakat bahwa kompetisi harus dilanjutkan. Setelah itu kami bawa ke rapat Exco, dan dengan ini PSSI memutuskan melanjutkan kompetisi,” kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, dalam rilis resmi PSSI, yang diterima Djournalist.com.

Dalam rilis tersebut dijelaskan bahwa kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020 akan dimulai pada September atau Oktober mendatang.

Terkait keputusan PSSI itu, PT Liga Indonesia Baru (LIB) akan memberikan dukungan penuh. “Sebagai operator kompetisi Liga 1 dan Liga 2, kami siap untuk melanjutkan bergulirnya dua kompetisi tersebut. Patut diketahui, beberapa persiapan sudah kami lakukan dan akan kami lanjutkan untuk proses berikutnya,” jelas Direkur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, Jumat (19/6).

Untuk memutar kembali Liga 1 dan Liga 2 2020, banyak hal yang telah dipersiapkan dan dimatangkan oleh PT LIB. Di antaranya pembuatan dua opsi jadwal pertandingan secara keseluruhan. Baik itu di Liga 1 dan Liga 2.

“Opsi pertama, kompetisi kami gulirkan pada September dan opsi kedua pada Oktober. Untuk pembagian grup atau sentralisasi, penentuan venue pertandingan, dan hal-hal teknis lainnya, akan kami umumkan kemudian,” tambah Akhmad Hadian Lukita. (**)