Virus Corona Meluas, Timnas U-19 Tunda Pemusatan Latihan

JAKARTA, DJOURNALIST.com – Tim nasional Indonesia U-19 menunda program pemusatan latihan (TC) mereka di bulan ini karena meluasnya virus corona. TC ini rencananya akan berlangsung dari tanggal 17 hingga 29 Maret 2020 di Karawaci, Tangerang.

“Seperti yang diketahui, dengan maraknya virus corona pada situasi saat ini, serta instruksi dari Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan melalui Sekretaris Jenderal Ratu Tisha Destria, timnas U19 pun menunda pemusatan latihan di Karawaci,” tutur Nova Arianto, Senin (16/3).

Tim ini sebelumnya sudah melakukan dua kali pemusatan latihan, di Cikarang dan Thailand. Untuk di Cikarang, tidak ada uji coba, karena hanya masuk proses seleksi pemain saja yang akan diberangkatkan ke Thailand.

Sementara di Thailand, mereka banyak melakukan uji coba dengan beberapa klub dan tim universitas. Sebanyak enam kali uji coba, mereka lakukan saat di Alpine Football Camp Training, Chiang Mai, Thailand.

Mereka menutup pemusatan latihan, dengan melakukan latih tanding terakhir melawan Bucheon FC 1995. Latihan mereka akhiri dengan skor 0-2.

Banyak pelajaran yang didapat tim ini, tentu, karena mereka sudah menjalani latihan fisik yang sangat intens dan enam kali latihan tanding bersama klub-klub dari Korea Selatan.

Lawan pertama mereka adalah salah satu klub Universitas, bernama Kyung Hee University. Dimana mereka harus mengakui keunggulan lawan dengan skor 0-2. Kemudian, kedua, mereka bermain 0-4 melawan Seongnam FC.

Begitu juga saat melawan Busan IPark yang tahun ini baru saja promosi ke K-League 1, mereka bisa membuat satu gol, meski harus juga mengakui kekuatan tim lawan 1-5. Kemudian, kemarin, mereka bermain lagi dengan Seongnam FC dengan skor 1-4, gol dicetak oleh Irfan Jauhari.

Namun, di latihan tanding mereka yang kelima, mereka sukses meraih kemenangan dengan skor 2-1, melawan Kyung Hee University, dimana dua gol timnas U19, dicetak oleh Rizky Ridho Ramadhani dan Komang Teguh Trisnanda.

Tim nasional Indonesia U19 dipersiapkan untuk menghadapi turnamen AFF di Indonesia dan AFC di Uzbekistan tahun ini. Mereka terus mempersiapkan diri dengan mengadakan pemusatan latihan, rencananya dalam pemusatan latihan kali ini, tim nantinya akan diisi oleh 28 pemain terpilih.

PSSI dibawah kepemimpinan Ketua Umum Mochamad Iriawan, juga menargetkan Timnas U19 untuk bisa meraih juara di Piala AFF U19 dan raihan terbaik di Piala AFC U19 2020. (**)