KONI Lutra Gelar Musorkablub

LUTRA, DJOURNALIST.com – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Luwu Utara menggelar musyawarah olahraga kabupaten luar biasa ( Musorkablub) untuk memilih ketua dan jajarannya periode 2020-2024, Sabtu (25/1/2020). Musyawarah ini diikuti sebanyak 21 Cabang Olahraga terdaftar di Luwu Utara.

Musorkablub dibuka oleh Bupati Luwu Utara yang diwakili oleh Sekretaris Daerah, Armiady. Dalam sambutannya ia menekankan kolaborasi antara KONI dan pemerintah menjadi faktor penting untuk mencapai prestasi olahraga.

“Koni dituntut untuk dapat melaksanakan programnya dengan baik, sehingga menjadi oragnisasi yang mandiri dan mencapai tujuan yang diinginkan,” ujarnya.

Armiady menambahkan, ada tantangan pembangunan olahraga di Luwu Utara, salah satunya tingginya tuntutan publik terhadap prestasi olahraga.

“Tantangan ini perlu dicermatai dan diantisipasi dengan sungguh-sungguh. Untuk itu, musyawarah ini dapat dikatakan berhasil apabila menghasilkan program-program yang tepat sasaran dan dapat direalisasikan di lapangan seeuai target yang ingin dicapai,” jelasnya.

Sebelumnya, Ketua Caretaker KONI Luwu Utara Arfandi Idris menyebutkan, tantangan yang dihadapi KONI cukup berat, utamanya untuk mencapai prestasi yang maksimal, dengan tolak ukur minimal berprestasi di PORDA tingkat provinsi.

“Harus dipahami, prestasi di bidang olahraga bisa dijadikan tolak ukur dalam pembangunan daerah, karena KONI tugasnya bagaimana membina prestasi di bidang olahraga,” ujarnya.

“Kita tentunya berharap, dengan kehadiran kita semua, seluruh komponen olahraga, mari satukan potensi kita, dengan satu tujuan yaitu angkat derajat dan martabat Kabupaten Luwu Utara,” ungkap Arfandi yang juga menjabat Ketua bidang Organisasi KONI provinsi Sulawesi Selatan.

Wakil Ketua I KONI Sulawesi Selatan, Ambas Syam menjelaskan, Musorkab sebagai mekanisme dalam pengambilan perencanaan yang strategis untuk perjalanan KONI kedepannya.

“KONI ini organisasi yang represantif, membantu pemerintah dalam hal pengembangan prestasi keolahragaan. Lakukanlah musyawarah dengan mufakat, pilihkah pemimpin yang punya waktu luang untuk mengurus olahraga, kemudian sanggup menggaet dana non APBD, pemimpin yang bisa bersinergi dengan pemerintah, serta sanggup mengayomi seluruh cabang olahraga,” pungkasnya.

Hasil Musorkablub KONI Luwu Utara memutuskan Hamrullah Dhuha atau Uje sebagai Ketua periode 2020 – 2024.

Turut hadir anggota DPRD Luwu Utara, Mahfud Yunus, Kepala Dinas Pendidikan Luwu Utara Jasrum, para pimpinan OKP, serta organisasi keolahragaan se Luwu Utara. (**)