Menpora Buka Popnas XV 2019 Jakarta, Sulsel Turunkan 102 Atlet

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali secara resmi membuka Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XV 2019 di Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro, Jakarta, Minggu (17/11) malam.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali secara resmi membuka Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XV 2019 di Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro, Jakarta, Minggu (17/11) malam.

JAKARTA, DJOURNALIST.com – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali secara resmi membuka Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XV 2019 di Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro, Jakarta, Minggu (17/11) malam.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Arwin Azis hadir menyaksikan jalannya acara pembukaan dan duduk bersama seluruh Kadispora dari 34 provinsi se-Indonesia.

Turut hadir Sekretaris Dispora, Suraedah, Kabid Pembudayaan Olahraga, Sabaruddin, Kepala UPT Pengembangan Atlet, Subandri Kadir, dan pejabat Eselon IV beserta staf Dispora Sulsel.

Menpora dalam sambutannya berharap di ajang Popnas bisa melahirkan atlet berprestasi nasional dan regional seperti Popnas tahun sebelumnya.

“Kami berharap dalam Popnas kali ini melahirkan bibit atlet yang berprestasi regional dan nasional, seperti tahun- tahun sebelumnya pelaksanaan Popnas,” kata Zainuddin.

Zainudin juga mendorong kepada pemerintah daerah agar memberikan ruang yang lebar bagi para pelajar supaya bisa mengembangkan bakatnya di bidang olahraga.

“Pemerintah menaruh harapan kepada Pemda untuk memberikan ruang pelajar supaya bisa mengembangkan bakat mereka di bidang olahraga dan berprestasi di tingkat regional maupun nasional,” katanya menambahkan.

Popnas akan berlangsung 16 – 25 Novenber di Jakarta dan Jawa Barat. Kontingen Sulsel berkekuatan 102 atlet dan official yang turun di sembilan cabang olahraga. Dengan rincian masing-masing yaitu antara lain atletik (8), karate (28), voli (6), dayung (8), dan silat (9). Kemudian sepak takraw (14), tarung derajat (4), panahan (4) dan judo (10).

Meski tidak dibebani target apapun, tetapi Kontingen Sulsel tetap berusaha memperbaiki peringkat. Pada Popnas XIV 2017 di Semarang Jawa Tengah, Sulsel berada di posisi 12 dengan raihan empat emas, 10 perak, dan 15 perunggu.

Venue Pertandingan Popnas XV 2019 Jakarta

Pertandingan-pertandingan Popnas yang diikuti Kontingen Sulsel, tersebar di sejumlah tempat, yaitu ; Judo di Gedung Judo Jakarta Utara; Voli Pasir di Pantai Karnaval Ancol; Karate di Gelanggang Remaja Jakarta Timur.

Berikutnya Pencak Silat di Gelanggang Remaja Jakarta Utara; Sepak Takraw di Gelanggang Remaja Matraman; Dayung di Situ Cipule, Karawang; Tarung Derajat di GOR Arcamanik Bandung. Untuk cabang Atletik dan Panahan di Gelora Bung Karno. (**)