ADS Bilang Pengaturan Skor Harus Melalui Lima Unsur Ini

JAKARTA, DJOURNALIST.com – Mantan Direktur Badan Liga Indonesia (BLI), Andi Darussalam Tabbusala buka-bukaan mengenai adanya dugaan pengaturan skor dalam dunia sepak bola Indonesia.

Menurut pria asal Sulawesi Selatan itu, pengaturan skor harus melalui lima unsur.

“Kedua tim harus bertemu, managernya harus ada dan mereka berunding di atas meja. Ada wasit, ada bandar, ada uang ada akun dan ada marker. Itu baru disebut match fixing,” rinci ADS, pada acara talk show Mata Najwa Trans 7, Rabu 19 Desember 2018.

Bahkan ADS mengakui bahwa, saat masih menjabat sebagai Ketua Badan Liga Indonesia, ada beberapa klub Liga Indonesia yang datang kepadanya agar dibantu.

“Saya tahu (pengaturan skor). Ada klub-klub datang yang minta tolong. Pernah wktu saya di badan liga, saya pernah angkat tangan mereka minta bantu. Mereka minta wasit bersikap netral dan lain-lain,” ujar ADS, menjawab pertanyaan Najwa Shihab.

ADS melanjutkan, hingga saat ini ketika Ia telah beberapa tahun melepas jabatan sebagai petinggi Badan Liga Indonesia, masih ada sejumlah petinggi klub Liga Indonesia yang datang untuk dibantu. (**)