Hasil Bulutangkis Asian Games 2018: Delapan Wakil Indonesia Lolos ke Perempatfinal

Pasangan ganda campuran Indonesia Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. (foto: pbsi)

Pasangan ganda campuran Indonesia Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. (foto: pbsi)

DJOURNALIST.com – Babak 16 besar cabang olahraga (cabor) bulutangkis Asian Games 2018 nomor perorangan yang dihelat pada Jumat 24 Agustus 2018 berakhir.

Selanjutnya di babak perempatfinal bulutangkis Asian Games 2018 nomor perorangan ini akan dihelat pada Sabtu 25 Agustus 2018, mulai pukul 13.00 WIB.

Tuan rumah Indonesia mewakilkan delapan nomor di babak pefempat final besok. Mereka adalah Anthony Sinisuka Ginting (tunggal putra), Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (ganda campuran), Jonatan Christie, (tunggal putra) Greysia Polli/Apriyani Rahayu (ganda putri), Fitriani (tunggal putri), Gregoria Mariska Tunjung (tunggal putri), Fajar Alfian/M Rian Ardianto (ganda putra), dan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (ganda putra).

Tontowi/Liliyana yang berhasil meraih kemenangan membuktikan kelas mereka saat tampil tenang di poin kritis. Pasangan unggulan ketiga ini akhirnya memenangkan adu setting dan melangkah ke babak kedua dengan penuh percaya diri.

Di game kedua, Tontowi/Liliyana semakin sulit dikendalikan, mereka membuat Seo/Chae tak dapat mengembangkan permainan.

“Nggak kaget, memang udah menyangka akan dapat perlawanan. Mereka bukan pasangan yang junior banget, sudah sering ikut pertandingan level tinggi. Mereka pemain kidal, itu yang harus kami waspadai, karena kami biasa ketemu pemain bertangan kanan. Kalau pemain kidal itu arah pengembalian bolanya kan beda,” kata Liliyana usai laga.

“Kuncinya di game pertama, saat kami bisa melewati 20-20, jadi kami bisa lebih yakin. Saat 19-16, kami buru-buru ingin menyelesaikan permainan, sedangkan lawan dari awal lepas saja, mereka main tanpa beban. Kami mengatur ritme, atur emosi, karena kan kami main sebagai tuan rumah. Supporter mendukung kami luar biasa, kami kan kadang terlalu menggebu-gebu, ini yang harus kami kontrol ” tambahnya.

Di babak perempat final, Tontowi/Liliyana akan berhadapan dengan Lee Chun Hei Reginald/Chau Hoi Wah (Hong Kong). Delapan kali bertemu, Tontowi/Liliyana tercatat enam kali menang dari Lee/Chau, dan dua pertemuan terakhir berhasil dimenangkan Tontowi/Liliyana. (**)

Berikut Delapan Wakil Indonesia di Nomor Perorangan Bulutangkis Asian Games 2018:

1. Anthony Sinisuka Ginting (tunggal putra).

2. Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (ganda campuran).

3. Jonatan Christie (tunggal putra).

4. Greysia Polli/Apriyani Rahayu (ganda putri).

5. Fitriani (tunggal putri).

6. Gregoria Mariska Tunjung (tunggal putri).

7. Fajar Alfian/M Rian Ardianto (ganda putra).

8. Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (ganda putra).