UNY Kembali Raih Piala dari Galang Decky/Frida Astaputri

YOGYAKARTA, DJOURNALIST.com – Laga seru ditampilkan di partai final kategori ganda campuran. Galang Decky/Frida Astaputri dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) akhirnya keluar sebagai juara LIMA Badminton: Kaskus Central Java and Special Region of Yogyakarta Conference (CJYC) – Yogyakarta Subconference 2018.

Laga final yang digelar di lapangan 1 Grha Institut Pertanian Stiper (Instiper) Yogyakarta pada Selasa (17/4) disajikan oleh Galang Decky/Frida Astaputri (UNY) melawan ganda campuran unggulan Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Joko Rianto/Vetty Nirmalasari. Final ini berlangsung sengit dalam tiga gim.

Gim pertama dikuasai Joko/Vetty. Motivasi dari para pendukung ganda campuran UAD ini kian meriuhkan Grha Instiper, meski masih di gim pertama. Tak sia-sia dukungan tersebut membuahkan keunggulan ganda UAD di gim pertama, 21-16.

Di gim kedua, Galang Decky/Frida Astaputri langsung membalas. Kedudukan imbang 1-1 dibuat Galang/Frida usai kalahkan Joko/Vetty 21-16.

Ketatnya persaingan kedua pasang ganda campuran ini makin terasa di gim ketiga, atau rubber game. Keduanya saling mengejar angka hingga skor 10-10. Pukulan terakhir Vetty yang gagal menyeberangi net menutup gim penentu ini. Lawan pun menang 11-10. Akhirnya, ganda campuran asal UNY memenangi partai final.

Kemenangan Galang/Frida menambah perolehan gelar juara UNY. Sebelumnya, UNY telah mengumpulkan piala juara dari beregu putra dan putri, serta tunggal putra, Andri Wijaya.

Selain laga final, di waktu yang bersamaan juga tergelar pertandingan perebutan peringkat ketiga. Lapangan 2 Grha Instiper menjadi saksi keunggulan Raden Wisnu/Monica Intan (UNY) menekuk Vickry Ibnu/Sania Agusta, yang juga berasal dari kampus yang sama, dengan skor 21-14 dan 21-13. (**)