PSSI: Jadwal Piala Indonesia tak Akan Mengganggu Jadwal Liga

Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono.

Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono.

JAKARTA, DJOURNALIST.com – Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) tengah merencanakan jadwal Piala Indonesia 2018 bakal digelar pada Maret atau April. PSSI juga menyebutkan jika jadwal Piala Indonesia tidak akan mengganggu jadwal Liga.

Menurut Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono, pihaknya saat ini tengah merancang skema dan akan menetukan jadwal Piala Indonesia. Setiap klub, kata Joko Driyono, hanya akan memainkan satu atau dua pertandingan setiap bulannya. Untuk klub yang melaju hingga ke partai final, maksimal hanya akan melakukan sepuluh sampai 11 pertandingan.

“Piala Indonesia akan diikuti 128 tim dari tiga kasta kompetisi, yakni Liga 1, Liga 2, dan Liga 3. Pada babak pertama, menggunakan sistem pertandingan tunggal, dan klub dari Liga 1 akan langsung bye ke babak kedua yang diikuti 64 tim,” jelas Joko Driyono, dilansir Goal Indonesia.

Setelah di mendapat 64 tim, skema Piala Indonesia akan menggunakan sistem pertandingan tunggal untuk mendapatkan 32 tim. Di babak 32 besar akan mengerucut menjadi 16 tim dan apabila hasilnya ada yang menang di laga pertama, maka tim yang menang akan langsung lolos ke babak 16 besar.

Hingga di babak 16 besar, sistem Piala Indonesia ini akan menggunakan sistem kandang tandang mulai perempatfinal, dan semifinal sedangkan partai final akan diterapkan kembali sistem pertandingan tunggal. (**)